Windows 11 Memperlambat Beberapa SSD

Windows 11 Memperlambat Beberapa SSD

Jika Anda berencana untuk melakukan apa pun yang memerlukan komputasi sekuensial cepat, memasang drive SSD NVMe mungkin akan menjadi peningkatan terbaik dalam hal kecepatan mentah. Namun, Anda mungkin akan sangat kecewa jika Anda juga memilih untuk menggunakan Windows 11.

Sudah lebih dari dua bulan sejak Microsoft merilis program untuk pengguna OS, tetapi sistem ini memiliki bagian pencemaran nama baik yang adil karena kinerjanya yang buruk pada beberapa SSD. Menurut ulasan dari pengguna windows 11 di Redditprogram OS ini berjalan 50% lebih lambat dari Windows 10. Microsoft mengakui masalah ini beberapa bulan sebelum program dirilis.

Alasan Mengapa Windows 11 Memperlambat Beberapa SSD

Tidak jelas apa yang menyebabkan masalah ini. Beberapa kemungkinan penyebabnya antara lain;

  • Masalah dengan hard disk
  • PC atau laptop dengan spesifikasi lebih rendah
  • Drive sistem memiliki ruang disk yang rendah
  • Penggunaan HDD sebagai pengganti SSD
  • Masalah dengan latar belakang menjalankan tugas startup
  • Driver kartu grafis usang
  • Sistem operasi usang
  • RAM tidak mencukupi
  • Perangkat lunak Windows yang salah diinstal atau rusak
  • Konflik dalam program keamanan

Beberapa pengguna berspekulasi bahwa masalah tersebut murni memengaruhi komputer dengan NVMe SSD karena bug di Windows 11 yang memengaruhi kinerja driver. Namun, pengguna Windows 11 lain yang belum menginstal driver ini telah mengamati bahwa Windows 11 lambat di berbagai bidang seperti boot komputer, menu klik kanan, dan file explorer. Masalah lain yang diamati termasuk komputer yang terlalu panas dan konsumsi baterai yang cepat.

Meskipun Microsoft belum menerapkan solusi khusus untuk masalah ini, perkembangan terbaru pada sistem ini, yang masih dalam pengujian, menunjukkan bahwa menonaktifkan keamanan berbasis virtualisasi (VBS) dan efek animasi di bawah opsi aksesibilitas meningkatkan kinerja sistem operasi. . Di bawah ini adalah tips lain untuk meningkatkan kinerja program Windows 11 komputer Anda.

Cara Meningkatkan Kinerja Windows 11

1. Nonaktifkan Program Startup

Memiliki beberapa aplikasi atau program yang tidak perlu dapat memperlambat booting komputer Windows. Jadi, untuk mempercepat boot Windows 11, Anda perlu menonaktifkan semua program yang tidak perlu di komputer Anda dari tab startup. Setelah menonaktifkan program, Anda harus me-restart komputer dan memeriksa apakah masalah telah teratasi.

2. Matikan Startup Cepat

OS Windows 11 memiliki opsi cepat nyalakan yang memungkinkan Anda meningkatkan waktu boot-up sistem komputer Anda. Namun, opsi ini sering memperlambat komputer saat diaktifkan. Jadi untuk meningkatkan kecepatan komputer Anda, pertimbangkan untuk mematikan Fast Startup pilihan. Silakan restart komputer setelah mati dan lihat apakah masalah telah teratasi.

3. Perbarui Driver Grafis

Penyebab umum lain dari masalah kinerja lambat Windows 11 adalah adanya driver kartu grafis lama di pc Anda. Memperbarui driver kartu grafis dapat mengatasi kinerja lambat Windows 11. Terapkan perubahan dengan memulai ulang komputer dan memeriksa apakah masalah telah teratasi.

4. Migrasi Windows 11 ke SSD

Jika masalah kinerja lambat Windows 11 meningkat, Anda dapat mencoba memigrasikan OS Windows 11 ke SSD. Migrasi ini mengurangi waktu booting dan meningkatkan kinerja pc. Sebelum migrasi, pastikan Anda memiliki cukup ruang di tujuan target.

Proses migrasi OS ke SDD menghapus file. Ini menghapus partisi penyimpanan yang ada di komputer Anda, jadi jika Anda tidak memiliki ruang yang cukup di lokasi target Anda, buat cadangan data penting di hard drive eksternal terlebih dahulu.

5. Gunakan VPN Lain atau Nonaktifkan VPN yang Anda Miliki

Setelah menginstal Windows 11, Anda perlu menginstal VPN yang dioptimalkan untuk Windows 11. Memiliki VPN yang tidak dioptimalkan untuk Windows dapat membuat koneksi internet Anda cukup lambat. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan menonaktifkan VPN.

Tapi ini bisa mempengaruhi Anda untuk risiko cyber. Sama, jika VPN Anda tidak memiliki banyak server, Windows Anda bisa lebih lambat. Kompatibilitas VPN-Windows tidak menjadi masalah untuk komputer modern. Namun, jika komputer Anda memiliki spesifikasi lama atau jika Anda menggunakan router lama, itu mungkin tidak mengenkripsi koneksi Anda dengan cepat. Jadi, Anda mungkin perlu memutakhirkan router atau PC Anda untuk koneksi internet yang lebih cepat.

6. Tingkatkan Ruang Drive C

Anda juga dapat mencoba menyelesaikan masalah dengan menambah ruang drive C menggunakan perangkat lunak manajemen partisi disk yang andal dan cerdas. Anda dapat menggunakan perangkat lunak ini untuk mengalokasikan, memindahkan, atau mengubah ukuran ruang untuk meningkatkan kapasitas drive C.

7. Hapus File Sementara

Sistem operasi Windows mengembangkan file sementara di komputer Anda saat komputer melakukan tugas tertentu. Hal ini memungkinkan komputer untuk diatur dan memungkinkan pengguna untuk melakukan tugas yang sama dengan cepat. Anda dapat mengatasi masalah kecepatan lambat dengan menghapus file sementara dan rusak.

Intinya

Ada banyak alasan mengapa Windows 11 memperlambat komputer, terutama yang menggunakan SSD, dan beberapa cara untuk menyelesaikannya. Namun, Microsoft belum mengembangkan perbaikan khusus untuk masalah tersebut. Jadi, sampai mereka melakukannya, sebaiknya hapus instalan windows 11 dan kembali ke windows sepuluh sampai Windows 11 benar-benar diuji dan distabilkan.