Resolusi layar Windows 10 hanya bertahan di 1024×768 (masalah)

Anda mencoba mengubah resolusi layar Windows 10, tetapi ternyata 1024×768 adalah satu-satunya opsi yang dapat Anda pilih di pengaturan tampilan. Ini adalah cara untuk memperbaiki masalah bahwa resolusi layar Windows 10 hanya tinggal di 1024×768.

Hal ini dapat terjadi dalam beberapa situasi. Ini mungkin terjadi setelah memulai Windows 10 secara acak, atau setelah Anda mencoba mengubah resolusi layar ke resolusi yang lebih besar dari resolusi biasa (misalnya, 3840×2160, 2560×1440, atau 1920×1080), layar hitam biasanya muncul. Kemudian, resolusi Windows 10 secara otomatis berubah menjadi 1024×768, dan semua opsi lainnya menghilang. Jika Anda mengalami situasi ini, silakan coba solusi berikut.

Resolusi layar Windows 10 hanya bertahan pada masalah 1024x768

Resolusi Windows 10 hanya bertahan di 1024×768

Perbarui driver grafis

Jika monitor dan kartu grafis Anda mendukung resolusi layar yang lebih besar dari 1024×768, kemungkinan besar penyebab masalahnya adalah driver grafis yang rusak, hilang, atau tidak terpasang dengan benar. Coba perbarui atau instal ulang driver grafis Anda untuk melihat apakah itu menyelesaikan masalah.

Anda dapat memperbarui driver GPU dengan mengunduh kartu grafis Nvidia secara manual dari Nvidia.com atau mengunduh kartu grafis ATI secara manual dari AMD.com, atau dengan memperbarui pengaturan perangkat Di Windows 10. Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka menu mulai atau Cortana.
  2. Cari dan buka pengaturan perangkat.
  3. Di pengelola perangkat, perluas Display adapter kategori.
  4. Klik kanan pada unit pemrosesan grafis utama Anda dan pilih Perbarui driver.Resolusi Windows 10 tetap pada 1024 x 768
  5. Di jendela berikutnya, pilih Secara otomatis mencari perangkat lunak driver yang diperbarui Izinkan Windows 10 untuk secara otomatis mencari driver terbaru dan menginstalnya untuk PC Anda.Resolusi tetap di 1024x768 windows 10

GPU Anda mungkin muncul sebagai perangkat yang tidak dikenal dengan tanda seru berwarna kuning di bawah kategori adaptor tampilan di Pengelola Perangkat. Adalah normal bahwa Windows tidak dapat mendeteksi GPU Anda dengan benar. Cukup klik kanan padanya dan pilih Perbarui Driver untuk memungkinkan Windows menginstal driver untuk Anda.

Jika Anda menggunakan laptop Windows 10 dari Dell, HP, Lenovo, Asus, Acer, atau Toshiba, dan Windows tidak dapat menemukan driver yang cocok untuk GPU Anda, coba Nvidia.com atau Amd.com. Jika tidak ada situs web ini yang memiliki driver untuk kartu seri M Anda, Anda perlu mengunjungi situs web produsen laptop Anda dan mengunduh driver grafis untuk model laptop Anda dari sana.

Setelah memperbarui driver grafis, coba kembali ke pengaturan tampilan untuk melihat apakah itu menyelesaikan satu-satunya masalah resolusi 1024×768 yang macet di Windows 10.

Pertanyaan terkait: Bagaimana cara mengubah kecepatan refresh layar monitor di Windows 10.

Copot dan instal ulang driver grafis

Atau Anda dapat mencoba Copot pemasangan GPU Anda Klik kanan pada driver dan pilih Copot drivernya Di manajer perangkat. Selanjutnya, restart komputer, lalu ikuti metode di atas atau unduh dan instal ulang driver secara manual dari situs web produsen GPU.

Dalam kebanyakan kasus, Windows akan secara otomatis memperbarui dan menginstal driver yang sesuai untuk GPU Anda ketika mendeteksi bahwa driver GPU tidak ada. Oleh karena itu, jika Anda mencoba untuk menghapus pengandar yang bermasalah, Windows akan secara otomatis menginstalnya untuk Anda saat berikutnya Anda memulai ulang.

Coba ubah resolusi melalui perangkat lunak lain

Jika Anda memiliki kartu grafis Nvidia, coba ubah resolusi layar Windows 10 Anda melalui panel kontrol Nvidia untuk melihat apakah itu berfungsi. Untuk pengguna kartu grafis ATI, silakan gunakan perangkat lunak AMD Catalyst.

Di Windows 10, buka menu mulai dan cari Panel Kontrol NVIDIADi jendela Panel Kontrol Nvidia, perluas pameran Lalu pilih Ubah resolusiDari sana, Anda dapat mencoba mengubah resolusi layar PC Windows 10 Anda.

Masalah resolusi Windows 10 1024x768

Kabel yang Anda gunakan tidak mendukung 4k/2k

Alasan utama lainnya mengapa resolusi layar Windows 10 hanya 1024×768 adalah kabel yang Anda gunakan untuk menghubungkan monitor ke GPU tidak mendukung resolusi yang Anda inginkan, seperti 2k (2560×1440) atau 4k (3840x) 2160).

Misalnya, 4K 60Hz memerlukan DisplayPort 1.2 atau HDMI 2.0. Monitor dan GPU Anda juga perlu mendukung port ini dan versinya agar berfungsi. Beberapa layar monitor hanya dapat menangani resolusi maksimum melalui port tertentu. Anda harus memeriksanya.

Periksa koneksi monitor ke GPU

Periksa apakah monitor Anda terhubung dengan benar ke GPU dan bukan adaptor video bawaan pada motherboard. Ini bisa terjadi jika motherboard Anda sudah cukup tua.

Namun, bahkan kartu grafis on-board dari semua motherboard terbaru mendukung resolusi yang jauh lebih tinggi dari 1024×768. Oleh karena itu, satu-satunya masalah dengan resolusi Windows 10 yang macet pada 1024×768 tidak mungkin disebabkan oleh tampilan ke koneksi GPU.

Kartu grafis, kabel, atau monitor rusak

Jika semua metode lain gagal, itu mungkin karena masalah perangkat keras. Dalam hal ini, mungkin GPU, monitor, atau kabel yang digunakan untuk menghubungkannya mulai tidak berfungsi, yang menyebabkan satu-satunya masalah dengan resolusi Windows 10 macet di 1024×768.

Bagikan petunjuk: Anda mencoba mengubah resolusi, tetapi ternyata 1024×768 adalah satu-satunya pilihan. Ini adalah cara untuk memperbaiki resolusi Windows 10 yang hanya bertahan di 1024×768.