Regulator Data Irlandia Digugat Karena Tidak Bertindak atas Pengaduan Terhadap Google

Google dan Facebook Bermitra untuk Melewati Alat Privasi Apple dan Melacak Pengguna

Dalam gugatan yang tidak biasa, Dewan Kebebasan Sipil Irlandia (ICCL) menuntut regulator perlindungan data negara (DPC), karena tidak responsif terhadap kasus yang diajukan oleh salah satu anggota seniornya.

Inti dari gugatan ini adalah pengaduan yang diajukan oleh Johnny Ryan, rekan senior ICCL yang meminta DPC untuk melihat proses penawaran iklan online Google.

Ryan mengklaim bahwa RTB (penawaran waktu nyata) Google kotor, karena perdagangan data pengguna web berkecepatan tinggi tidak dapat dibenarkan. Dan karena belum ada tindakan serius dari DPC, Ryan melalui ICCL kini mengajukan gugatan.

Menuntut Regulator Data Irlandia

Irlandia merupakan salah satu negara Eropa yang memperhatikan keamanan data warganya. Tapi, regulator datanya sekarang dicekik dengan gugatan dari kelompok kebebasan sipil, atas kelambanannya terkait pengaduan penting. Sesuai laporan lokal Irlandia, Komisi Perlindungan Data negara sedang digugat oleh Dewan Kebebasan Sipil Irlandia (ICCL).

Ini karena kelambanan regulator yang tepat atas keluhan yang berkaitan dengan proses penawaran waktu nyata (RTB) Google. Pada tahun 2018, Johnny Ryan, juga rekan senior ICCL kini telah mengajukan kasus ke DPC terkait hal ini. Ryan adalah orang dalam teknologi iklan yang menjadi pelapor, yang telah meningkatkan upaya di kawasan UE untuk undang-undang dan kepatuhan perlindungan data yang ketat.

Dia menuduh bahwa proses RTB (lelang iklan online waktu nyata) Google tidak dibenarkan oleh aturan GDPR. Google telah secara aktif memperdagangkan data pribadi pengguna web untuk iklan bertarget, dan sistem perdagangan data mereka tidak memperhatikan keamanan yang seharusnya mereka tawarkan saat terlibat dalam bisnis ini.

Jadi, menyebutnya sebagai “pelanggaran data Google besar-besaran”Ryan mengeluh ke DPC bertahun-tahun yang lalu. Meskipun regulator telah mengumumkan beberapa langkah prosedural, langkah tersebut efektif untuk mengetahui kebenaran dan membenarkan undang-undang GDPR. Dengan demikian, dia sekarang mengajukan tuntutan terhadap DPC melalui ICCL, di mana Pengadilan Tinggi Irlandia telah setuju untuk segera mendengarkan gugatan tersebut.