Meta Mengumumkan Kode Verifikasi untuk Memeriksa Integritas Web WhatsApp

Meta Mengumumkan Kode Verifikasi untuk Memeriksa Integritas Web WhatsApp

Untuk menjaga keamanan pengguna WhatsApp Web, Meta minggu ini mengumumkan ekstensi browser baru yang disebut Verifikasi Kode – alat sumber terbuka untuk memverifikasi kode web WhatsApp yang disajikan kepada pengguna.

Kode Verifikasi bekerja dalam kaitannya dengan Cloudflare, yang Meta telah membagikan kode WhatsApp Web yang sebenarnya sehingga dapat membandingkan dan memeriksa dengan apa yang digunakan pengguna. Jika ada perbedaan yang ditemukan dalam integritas web WhatsApp, Kode Verifikasi akan memberi tahu pengguna.

Memeriksa Integritas WhatsApp Web

Peluncuran dukungan multi-perangkat WhatsApp dalam versi beta terbaru telah membuat banyak pengguna mencoba WhatsApp di beberapa perangkat. Dan perangkat populer yang digunakan kebanyakan orang setelah ponsel mereka adalah browser mereka. Tapi, karena mereka dilayani WhatsApp di web, ada kemungkinan ditipu karena kode javascript yang dimanipulasi.

Jadi, Meta datang dengan solusi – Verifikasi Kode – ekstensi browser open-source untuk memeriksa integritas WhatsApp Web. Ini tersedia untuk Chrome, Edge, dan Firefox, dan didasarkan pada konsep integritas subsumber daya.

Di bawah ini, Verifikasi Kode akan menganalisis kode WhatsApp Web yang digunakan oleh pengguna di browsernya dan mencocokkannya dengan kode aktual yang disediakan oleh Meta untuk kebaikan. Dan jika ada perbedaan dalam kode yang ditemukan, Verifikasi Kode akan memberi tahu pengguna.

Ini terjadi dalam tiga cara, seperti di bawah ini;

  • Code Verify akan langsung berjalan, dan jika kode WhatsApp Web sudah tervalidasi penuh, maka icon Code Verify di browser akan muncul warna hijau (lihat di bawah).
  • Jika ikon Verifikasi Kode muncul oranye (lihat di bawah), itu berarti Anda perlu menyegarkan halaman Anda atau ekstensi browser lain mengganggu Verifikasi Kode. Dalam hal ini, Verifikasi Kode akan merekomendasikan Anda untuk menjeda ekstensi browser Anda yang lain.
  • Jika ikon Verifikasi Kode berwarna merah (lihat di bawah), ini akan menunjukkan bahwa ada kemungkinan masalah keamanan dengan kode WhatsApp Web yang Anda layani.

Kode Verifikasi bekerja dengan bantuan Cloudflare, yang Meta telah membagikan sumber kebenaran hash kriptografis untuk kode JavaScript WhatsApp Web. Memastikan bahwa ekstensi ini tidak mencatat atau membagikan data atau metadata pengguna apa pun, Meta mengatakan bahwa Code Verify dibuat open source sehingga layanan lain dapat menggunakannya juga.