Mac Fusion Drive Vs SSD Vs Hard Drive-Mana Yang Lebih Baik

Jadi, Anda telah mewujudkan impian seumur hidup Anda untuk membeli MacBook. Seperti yang kita semua tahu, selain alat kecil ini, Anda tidak memiliki opsi penyesuaian yang sangat luas. Namun, Anda juga dapat menerapkan ruang penyimpanan aspek yang sama. Meskipun fitur ini juga dapat mengembalikan kekuatan di tangan Anda, itu juga dapat menyebabkan kebingungan. Ini terutama benar jika Anda adalah pemula atau orang yang tidak memiliki latar belakang teknis. Secara umum, Anda akan memiliki tiga pilihan-fusion drive, solid state drive (SSD) (juga dikenal sebagai flash drive) dan hard drive. Bingung? Pada artikel ini, kita akan membahas Mac Fusion Drive Vs SSD Vs hard disk-mana yang lebih baik. Mari kita mulai!

Mac Fusion Drive Vs SSD Vs Hard Drive-Mana Yang Lebih Baik

Penggerak Fusion

Pertama-tama, Anda mungkin berpikir, apa sebenarnya Fusion Drive itu. Nah, Fusion Drive pada dasarnya adalah dua drive yang berbeda, dan keduanya juga menyatu. Drive ini terdiri dari solid state drive (SSD) dan drive ATA serial. Sekarang, jika Anda mempertimbangkan arti yang terakhir, maka itu adalah hard drive biasa Anda dan disk yang berputar di dalamnya.

Data yang tidak sering Anda gunakan akan disimpan di hard drive. Di sisi lain, sistem operasi macOS akan secara berkala menyimpan file yang benar-benar diakses. Misalnya, aplikasi dan sistem operasi itu sendiri pada bagian flash drive. Pada gilirannya, ini akan menggairahkan Anda untuk akses cepat dan mudah ke data tertentu.

Bagian terbaik dari drive ini adalah Anda bisa mendapatkan manfaat dari dua bagian. Di satu sisi, Anda juga dapat beroperasi lebih cepat, karena Anda juga dapat mengumpulkan data yang sering digunakan dari bagian flash Fusion Drive dengan kecepatan lebih tinggi. Nah, di sisi lain, Anda akan mendapatkan ruang penyimpanan yang besar untuk mengatur semua data Anda. Misalnya, gambar, video, film, file, dll.

Selain itu, Fusion Drives sebenarnya lebih murah daripada SSD yang sama. Misalnya, Fusion Drives biasanya memiliki ruang penyimpanan 1 TB. Untuk membeli SSD dengan ruang penyimpanan yang sama, Anda harus membayar sekitar $400.

SSD

Solid state drive (SSD), juga dikenal sebagai flash drive, flash drive, dan penyimpanan flash, adalah jenis ruang penyimpanan yang akan Anda lihat di komputer notebook kelas atas seperti ultrabook. Misalnya, setiap MacBook Air, MacBook Pro, dll dilengkapi dengan SSD. Tidak hanya itu, antarmuka memori flash juga telah digunakan untuk hard drive solid-state baru-baru ini. Oleh karena itu, Anda akan mendapatkan kinerja yang lebih tinggi dan kecepatan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, jika Anda melihat iMac dengan memori flash, ingatlah bahwa itu sebenarnya adalah penyimpanan SSD.

Singkatnya, iMac berbasis flash apa pun juga menyediakan solid state drive (SSD) untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan Anda. SSD memberi Anda peningkatan kinerja, kecepatan lebih tinggi, stabilitas lebih baik, dan daya tahan lebih lama. Apalagi jika Anda membandingkannya dengan hard disk drive (HDD). Selain itu, untuk perangkat Apple seperti iMac, SSD jelas merupakan pilihan terbaik.

Hard disk drive

Jika Anda tidak melihat floppy disk, hard drive sebenarnya adalah perangkat penyimpanan yang paling banyak digunakan. Mereka benar-benar efisien, biaya lebih rendah, dan memberi Anda ruang penyimpanan yang besar. Sekarang, mereka tidak selalu semurah sekarang. Pada tahun 1985, Apple pada dasarnya menjual hard drive 20 MB dengan harga tinggi $ 1.495. Tidak hanya itu, disk ini bahkan lebih lambat, dengan kecepatan putaran hanya 2.744 RPM. Banyak hard drive yang juga tersedia pada saat itu memiliki kecepatan yang lebih tinggi.

Fusion Drive dan SSD

Hingga saat ini, kecepatan hardisk masa kini juga berkisar antara 5.400 RPM hingga 7.200 RPM. Namun, ada hard drive dengan kecepatan lebih tinggi. Perlu diingat bahwa kecepatan yang lebih tinggi tidak selalu berarti kinerja yang lebih baik. Alasan di balik ini adalah bahwa ada banyak aspek lain di tempat kerja yang dapat membuat drive menulis dan membaca data lebih cepat. Hard drive juga telah membuat kemajuan besar-dari ruang penyimpanan 20 MB yang disediakan pada tahun 1980-an, mereka sekarang memiliki kapasitas umum 4 TB, dan dalam banyak kasus bahkan 8 TB.

lebih jauh

Tidak hanya itu, produsen hard drive tersebut juga merilis ruang penyimpanan 10TB dan 12TB bersamaan dengan itu. Jika saya melihat bahkan hard drive 16 TB akhir tahun ini, saya tidak akan terkejut.

Sekarang, jika menyangkut uang yang harus Anda keluarkan untuk itu, hard drive sebenarnya adalah perangkat ruang penyimpanan termurah. Tentu saja hal ini disertai dengan sederet kekurangan tersendiri. Untuk mengurangi biaya, hard disk memiliki bagian yang bergerak. Karena itu, jika Anda menjatuhkan laptop dengan hard drive ke tanah, atau jika ada masalah umum, mereka mungkin rusak. Selain itu, mereka lebih berat, dan mereka juga membuat kebisingan.

Fusion Drive dan SSD

Seperti yang telah kami sebutkan, perbedaan terbesar antara Fusion Drive dan SSD adalah harganya. Jika Anda menginginkan drive berkapasitas besar untuk menyimpan semua data Anda. Namun, jika Anda tidak ingin menghabiskan banyak uang, Fusion Drive sebenarnya adalah pilihan terbaik.

Namun, ini lebih dari sekedar harga; kelemahan Fusion Drive adalah seperti HDD dibandingkan SSD. Ini juga memiliki bagian yang bergerak, yang juga dapat mengalami kegagalan fungsi jika Anda menjatuhkan atau merusak mesin. Ini tidak secepat SSD khusus, meskipun hanya pengguna tingkat lanjut yang dapat melihat perbedaan dalam kecepatan baca dan tulis antara SSD dan Fusion Drive.

Jika Anda menyukai ide menggunakan SSD di Mac, kami telah memilih SSD terbaik untuk Mac untuk membantu Anda.

Drive fusi dan hard drive

Anda mungkin berpikir bahwa mendapatkan hard drive standar akan menjadi solusi yang lebih baik. Asumsikan bahwa biayanya bahkan lebih rendah daripada Fusion Drive. Namun, jika Mac Anda belum menyediakan Fusion Drive standar (seperti kebanyakan Mac dalam seri saat ini), maka Anda benar-benar tidak akan menghabiskan terlalu banyak uang untuk meningkatkan ke Fusion Drive.

Misalnya, untuk memutakhirkan iMac 21,5 inci entry-level dari hard drive 1TB ke Fusion Drive 1TB, biayanya hanya £90/$100. Jika Anda tidak memutakhirkan dan memanfaatkan opsi penyimpanan SSD, Anda akan gila. Memutakhirkan ke Fusion Drive berarti iMac Anda akan mulai dalam hitungan detik, bukan menit. Kemudian Anda dapat mengharapkan file terbuka lebih cepat, aplikasi terbuka lebih cepat, dan lebih sedikit contoh bola pantai berputar yang mengerikan.

Jelas dari pengujian kami bahwa Fusion Drive juga memberikan peningkatan kecepatan yang signifikan dibandingkan dengan hard disk drive. Misalnya, kami menguji iMac 2.3GHz 2017 yang dilengkapi dengan hard drive standar dan iMac 3.4GHz yang dilengkapi dengan Fusion Drive, dan kami menemukan perbedaan besar dalam waktu penyalinan file. Kami juga telah melihat dengan mata kepala sendiri bahwa waktu start-up juga sangat berbeda.

Berapa harga Fusion Drive?

Fusion Drive pada dasarnya dilengkapi dengan iMac berikut sebagai konfigurasi standar:

  • Prosesor 21,5 inci, 4,1 GHz, Fusion Drive 1 TB: £1,449
  • Retina 5K, 27 inci, prosesor 4.1GHz, Fusion Drive 1TB: £1.749
  • Selain itu, prosesor Retina 5K, 27-inci, 4,3GHz, Fusion Drive 1TB: £1,949
  • Retina 5K, 27 inci, prosesor 4,6 GHz, Drive Fusion 2 TB: £2.249

Fusion Drive 1TB sebenarnya adalah opsi penyesuaian senilai £90 untuk iMac berikut:

  • Prosesor 21,5 inci, 3,6GHz, hard drive 1TB: £1.049
  • Retina 4K, 21,5 inci, prosesor 3,6GHz, hard drive 1TB: £1.249

Ada juga opsi Fusion Drive kustom 3TB yang tersedia untuk seri iMac 27 inci. Biayanya £90 atau £270, tergantung pada model iMac yang Anda pilih.

Masalah yang didorong oleh konvergensi

Beberapa orang mengalami masalah saat menggunakan Fusion Drive. Dalam satu kasus, pembaca Macworld menemukan bahwa setelah Mac OS X diperbarui, Fusion Drive terputus.

Menurut Apple, Anda juga dapat menggunakan Disk Utility untuk menambahkan satu partisi macOS ke hard drive Fusion Drive. Partisi akan beroperasi sebagai volume terpisah, bukan bagian dari Fusion Drive. Namun, jika Anda ingin membuat partisi Windows, Apple menyarankan untuk melakukannya melalui Boot Camp.

Kesimpulannya

Nah, ini semua yang saya miliki. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang artikel “Fusion Drive Vs SSD” ini atau memiliki pertanyaan. Kemudian jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan apa pun kepada saya di bagian komentar di bawah.

Semoga harimu menyenangkan!

Lihat juga: Cara memperbaiki masalah musik Instagram tidak berfungsi