Editor Artikel Wikipedia Rusia Ditangkap di Belarus

Editor Artikel Wikipedia Rusia Ditangkap di Belarus

Salah satu editor top Wikipedia Rusia, Mark Bernstein ditangkap oleh GUBOPiK Belarusia pada hari Jumat.

Dia dituduh melakukan berbagai kejahatan seperti mendistribusikan informasi anti-Rusia di Wikipedia dan juga mengedit artikel melawan Rusia, invasinya terhadap Ukraina. Detail pribadi Bernstein awalnya dibagikan di saluran telegram GUBOPiK, tempat video penangkapannya juga diposting.

Menangkap Editor Wikipedia

Editor Artikel Wikipedia Rusia Ditangkap di Belarus

Wikipedia adalah salah satu sumber utama yang akan dijangkau seseorang untuk mengetahui sesuatu. Basis data yang dikelolanya tentang situasi dan orang yang sedang berlangsung dan masa lalu sangat luas dan terus diperbarui oleh editor ahli. Jadi, apa pun yang diposting di Wikipedia penting bagi siapa saja, karena dilengkapi dengan sumbernya.

Dalam pengejaran ini, seorang editor top Wikipedia Rusia bernama Mark Bernstein ditangkap minggu ini, oleh Direktorat Utama Pemberantasan Kejahatan Terorganisir dan Korupsi Belarusia (GUBOPiK).

Seperti dilansir Zerkalo, sebuah publikasi Belarusia, detail pribadi Bernstein dan fotonya awalnya dibagikan di saluran telegram GUBOPiK, di mana orang menuduhnya dengan berbagai alasan. Beberapa menandai Bernstein untuk “menyebarkan informasi palsu anti-Rusia,” sementara beberapa menuduhnya mengedit artikel Wikipedia tentang invasi Rusia ke Ukraina.

Meskipun tidak ada yang menyebutkan alasan resmi penangkapannya, video penahanannya juga dibagikan di saluran GUBOPiK, yang kemudian dirahasiakan. Menurut log aktivitas Wikimedia, Bernstein telah menyunting lebih dari 200.000 artikel Wikipedia bahasa Rusia.

Menyarankan pengguna Belarusia dan Rusia untuk menyembunyikan data pribadi saat mengedit artikel terkait perang Rusia vs Ukraina, Wikimedia telah memblokir akun editor Bernstein tanpa batas waktu.

Dan akhirnya, dikatakan bahwa tim Hak Asasi Manusia dan tim Trust and Safety Foundation memantau dengan cermat krisis yang sedang berlangsung, dan “berhubungan erat dengan komunitas kami di wilayah tersebut untuk memastikan keamanan mereka dan menanggapi kebutuhan mereka.”