Bluetooth tidak dapat mendeteksi perangkat di Windows 11

Apakah Anda mencoba memasangkan perangkat Anda dengan PC Anda, tetapi Windows Bluetooth”Tambahkan perangkat“Bahkan jika setidaknya ada satu perangkat Bluetooth terdekat dalam jangkauan, tidak ada perangkat yang dapat dideteksi? Panduan ini menjelaskan kemungkinan masalah dan menunjukkan beberapa solusi yang dapat Anda coba untuk memecahkan masalah.

Perangkat Bluetooth tidak ditemukan Windows 11

Cara memperbaiki Bluetooth tidak dapat menemukan perangkat di Windows 11

Seperti disebutkan di atas, jika Windows tidak dapat menemukan perangkat Bluetooth terdekat dalam jangkauan, pastikan perangkat yang ingin Anda pasangkan dengan PC Anda memiliki Bluetooth aktif dengan Hampir Adaptor Bluetooth untuk PC mendeteksinya. Jika semuanya normal dan berfungsi seperti yang diharapkan, tetapi Windows masih tidak dapat mendeteksi perangkat apa pun, itu mungkin karena masalah driver.

Ini biasanya dapat diatasi dengan memperbarui driver Bluetooth atau menghapus dan menginstal ulang driver Bluetooth. Jika memperbarui atau menginstal ulang driver Bluetooth tidak menyelesaikan masalah, ini mungkin menunjukkan bahwa adaptor Bluetooth tidak berfungsi.

Perbaiki 1: Nonaktifkan dan aktifkan adaptor Bluetooth

Sebelum mencoba memperbarui atau menghapus instalan driver Bluetooth, coba nonaktifkan dan aktifkan kembali adaptor Bluetooth dengan cepat untuk melihat apakah itu dapat menyelesaikan masalah. Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Di Windows 11, buka “Mulai”, cari dan buka “pengaturan perangkat.

Buka Pengelola Perangkat Windows 11

Selanjutnya, klik Bluetooth Perluas kategori perangkat untuk menampilkan semua perangkat terkait Bluetooth di PC.Kemudian, klik kanan pada adaptor Bluetooth Anda dan pilih Nonaktifkan perangkat.

Nonaktifkan adaptor Bluetooth Windows 11

Saat Pengelola Perangkat meminta konfirmasi, klik Ya Lanjutkan.

Untuk mengaktifkan kembali adaptor Bluetooth, klik kanan lagi dan pilih Aktifkan perangkat.

Aktifkan adaptor Bluetooth Windows 11

Setelah mengaktifkan kembali adaptor Bluetooth, segera kembali mempersiapkan > Bluetooth dan perangkat > peralatan Dan nyalakan Bluetooth. mencoba”Tambahkan perangkat“Mari kita lihat apakah itu dapat mendeteksi perangkat Bluetooth apa pun sekarang.

Bluetooth tidak mendeteksi perangkat Windows 11

Perbaiki 2: Perbarui driver Bluetooth

Jika driver adaptor Bluetooth Anda tidak dipasang dengan benar atau kedaluwarsa, ini dapat menyebabkan masalah seperti tidak dapat menemukan perangkat Bluetooth terdekat. Memperbarui driver Bluetooth biasanya memecahkan masalah.

Untuk memperbarui driver Bluetooth, buka “Mulai”, cari dan buka “pengaturan perangkat.

Selanjutnya, klik Bluetooth Perpanjang itu.Klik kanan pada adaptor Bluetooth Anda dan pilih Perbarui driver.

Perbarui driver Bluetooth Windows 11

Di jendela Perbarui Driver, pilih “Cari driver secara otomatis.

Secara otomatis mencari driver Windows 11

Jika Windows mengatakan “Driver terbaik untuk perangkat Anda diinstal”, klik “Cari driver yang diperbarui di Pembaruan Windows.

Cari driver yang diperbarui pada Pembaruan Windows 11

Selanjutnya, lari Pembaruan Windows Izinkan Windows untuk secara otomatis mencari driver adaptor Bluetooth terbaru dari repositori driver Microsoft dan menginstalnya untuk Anda.

Setelah Windows memperbarui driver Bluetooth, restart PC Anda. Setelah memulai ulang, coba lagi “tambah perangkat” Bluetooth.

Jika Windows tidak menginstal driver yang diperbarui, coba perbaikan berikutnya untuk menghapus penginstalan driver Bluetooth agar Windows 11 secara otomatis menemukan dan menginstal driver terbaik untuk adaptor Anda.

Perbaiki 3: Hapus instalan driver Bluetooth

Di Windows 11 atau 10, ketika Windows mendeteksi perangkat keras baru yang belum menginstal driver, ia akan mencoba menginstal driver untuk perangkat keras itu secara otomatis saat berikutnya memulai ulang atau menjalankan Pembaruan Windows. Ini akan menemukan driver dari repositori driver Microsoft dan menginstalnya sehingga perangkat keras dapat berjalan di PC Anda.

Oleh karena itu, menghapus instalan driver Bluetooth yang bermasalah akan memungkinkan Windows untuk secara otomatis menemukan kembali driver terbaik untuk adaptor Bluetooth Anda. Berikut adalah cara melakukan ini melalui pengelola perangkat.

Pergilah Awal, Cari dan buka pengaturan perangkat.Klik Bluetooth Perpanjang itu.Kemudian, klik kanan pada adaptor Bluetooth Anda dan pilih Copot pemasangan perangkat.

Hapus instalan driver Bluetooth Windows 11

Di jendela “Copot Pemasangan Perangkat”, pilih kotak centang “Coba hapus driver untuk perangkat ini”, lalu klik Copot pemasangan.

Tunggu hingga proses uninstall selesai. Setelah selesai, restart PC Anda untuk memungkinkan Windows mencari dan menginstal driver terbaik untuk adaptor Bluetooth Anda.

Setelah memulai ulang, nyalakan Bluetooth dan coba “Tambahkan Perangkat” lagi.

Jika Anda tidak menginstal ulang driver Bluetooth saat Anda memulai ulang, silakan jalankan Pembaruan Windows sebagai gantinya.

Windows tidak dapat mengenali adaptor Bluetooth

Jika Anda memiliki adaptor/penerima Bluetooth yang sangat unik dan Windows tidak dapat menemukan driver dari repositorinya, Anda mungkin perlu mencari driver secara manual dari situs web produsennya. Untuk adaptor USB atau PCI Bluetooth eksternal, harap periksa apakah Anda memiliki CD driver yang disertakan dengan adaptor Bluetooth. Jika tidak, coba cari driver menggunakan model adaptor Bluetooth Anda sebagai kata kunci di situs web produsen atau Google.

Jika PC Anda (terutama laptop) memiliki adaptor Bluetooth internal, Anda mungkin perlu mencari driver dari situs web produsen laptop, misalnya, dell.com untuk laptop Dell.

Jika Windows tidak dapat mendeteksi adaptor Bluetooth Anda saat Anda mengklik pengaturan perangkat > tindakan > Pindai perubahan perangkat keras, Ini mungkin menunjukkan bahwa adaptor tidak berfungsi.